Maret 2, 2024

Belajar atau berkuliah di luar negeri tentunya menyenangkan, apalagi kalau kamu bercita-cita untuk berkuliah di luar negeri. Namun, ada beberapa hal yang Cationers perlu pertimbangkan jika ingin berkuliah di luar negeri, seperti kelebihan dan kekurangan negara yang dituju. Nah, pada artikel kali ini, Heon akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan belajar atau berkuliah di Australia.

 

So, what are you waiting for? Let’s start scrolling!

 

Baca juga: Daftar Beasiswa Lanjut Studi di Korea

Pro dan Kontra Belajar di Australia
Sumber: Wikimedia Media/Bernard Spragg

 

Kelebihan belajar di Australia

World Rank University

Salah satu kelebihan belajar atau berkuliah di Australia adalah terdapat universitas-universitas yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia. The QS World University Rankings 2024 mencantumkan 38 universitas se-Australia dan sembilan di antaranya masuk ke dalam top 100 universitas terbaik di dunia.

 

Universitas yang masuk ke dalam daftar tersebut adalah:

  1. The University of Melbourne
  2. The University of New South Wales
  3. The University of Sydney
  4. Australian National University
  5. Monash University
  6. The University of Queensland
  7. The University of Western Australia
  8. The University of Adelaide
  9. University of Technology Sydney
  10. Macquarie University

 

Selain itu, kualitas pendidikan di Australia juga sangat baik, Cationers. Bahkan, ada sebuah badan independen yang bernama The Tertiary Education Quality and Standards Agency atau disingkat TEQSA. Dilansir dari situs resmi TEQSA, badan independen tersebut bergerak sebagai penjamin mutu dan regulasi pendidikan tinggi di Australia.

 

The Education Services for Overseas Students Act (ESOS)

Dilansir dari situs resmi Monash University, The Education Services for Overseas Students Act (ESOS) adalah undang-undang yang bertujuan untuk melindungi pelajar internasional saat mereka belajar atau berkuliah di Australia. Selain itu, ESOS juga mengatur terkait Layanan Perlindungan Biaya Pendidikan. Jadi, itulah salah satu kelebihan belajar atau berkuliah di Australia, Cationers.

 

Biaya Kuliah yang Terjangkau

Kelebihan belajar atau berkuliah di Australia yang lainnya adalah biaya kuliah yang terjangkau, Cationers. Universitas di Australia menyediakan beasiswa yang dapat meringankan biaya kuliah mahasiswa internasional, seperti:

  1. Australia Awards Scholarship
  2. ANU Humanitarian Scholarship
  3. Australian Government Research Training Program

 

Baca juga: Destinasi Wisata Unik di Amerika Serikat

 

Kekurangan belajar di Australia

Jam Kerja Kafe

Dilansir dari My Favourite Escapes, banyak kafe yang umum tutup pada jam 14.00 atau 15.00, Cationers. Jadi, jika kamu ingin bertemu teman setelah jam 14.00 atau sekedar ingin keluar rumah memakan roti dan kue, kamu bisa mengunjungi bar. 

 

Biaya Hidup yang Tinggi

Dilansir dari Edysor, biaya hidup di Australia yang tinggi menjadi salah satu kekurangan belajar atau berkuliah di Australia, Cationers. Harga pangan, biaya sewa, dan transportasi sewaktu-waktu dapat meningkat. 

 

Dua kota yang memiliki biaya hidup tinggi adalah Melbourne dan Sydney. Jadi, apabila Cationers akan belajar atau berkuliah di Australia, pastikan untuk melakukan budgeting!

 

Jauh dari Rumah

Meskipun Indonesia dan Australia memiliki jarak yang cukup dekat jika dilihat dari peta, sebenarnya Indonesia dan Australia memiliki jarak yang jauh, yaitu sekitar 3,455 KM dengan lama perjalanan via pesawat sekitar 4 jam – 6 jam.

 

Pastinya setiap kelebihan memiliki kekurangan, begitupun sebaliknya, Cationers. 

 

Nah, untuk kamu yang ingin belajar atau berkuliah di Australia dan sedang mencari beasiswa, bisa banget nih kunjungi blog Hellocation to know other information

 

Kamu juga bisa join group telegram Hellocation melalui link berikut: t.me/hellocation atau follow Instagram kami di Hellocation ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *