Maret 2, 2024

Korea Selatan jadi salah satu negara favorit masyarakat Indonesia untuk lanjut studi. Selain kualitas pendidikannya yang kelas dunia, alasan lain jadi negara favorit untuk lanjut studi adalah karena beasiswa fully funded yang bisa menunjang biaya pendidikan. Kalau kamu ingin lanjut studi ke Korea Selatan dan menjadi awardee sebuah beasiswa, Heon punya daftar beasiswa lanjut studi, loh. Yuk, simak lebih lanjut daftar beasiswanya. 

 

Baca juga: Hal yang harus kamu tau sebelum berkarir di Korea Selatan

Daftar Beasiswa Lanjut Studi di Korea - Sumber: Wikimedia Commons/J. Patrick Fisher
Sumber: Wikimedia Commons/J. Patrick Fisher

Global Korea Scholarship (GKS)

Beasiswa yang masuk ke dalam daftar beasiswa lanjut studi di Korea Selatan adalah Global Korea Scholarship. Beasiswa dengan tipe fully funded ini terbuka untuk jenjang S1, S2 dan S3.

 

Ada dua jalur pendaftaran untuk beasiswa GKS, yaitu Embassy Track dan University Track. Untuk Embassy Track, kamu bisa mendaftar melalui Kedutaan Besar Republik Korea Selatan di negaramu. Sementara itu, pendaftaran University Track bisa dilakukan dengan datang langsung ke universitas tujuan. Peserta juga hanya bisa mendaftar 1 universitas saja.

 

Dokumen-dokumen yang diperlukan, antara lain:

  1. Formulir pendaftaran
  2. Personal statement
  3. Surat rekomendasi
  4. Rencana studi
  5. Hasil tes medis

Untuk benefitnya, kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan, dana penelitian, tunjangan biaya, dan tiket pesawat pulang-pergi.

 

GIST Scholarship

Berikutnya yang masuk ke dalam daftar beasiswa lanjut studi di Korea Selatan adalah GIST Scholarship. Beasiswa bertipe fully funded ini terbuka untuk jenjang S2 dan S3. Untuk mendapatkan beasiswa GIST, kamu bisa mendaftar secara online di form pendaftaran yang disediakan.

 

Benefit yang bisa kamu dapatkan adalah tunjangan biaya kuliah full, tunjangan biaya makan, reimbursement penerbangan one-way ke Korea Selatan, dan tanggungan asuransi kesehatan sebesar 60%.

 

Untuk mendaftar beasiswa GIST, kamu memerlukan dokumen-dokumen berikut:

  1. Formulir pendaftaran
  2. Fotokopi paspor
  3. Transkrip nilai
  4. Surat rekomendasi
  5. Ijazah jenjang S1 (untuk Magister) dan jenjang S2 (untuk PhD)
  6. Sertifikat kemahiran berbahasa Inggris 
    • IELTS (min. 6.5)
    • TOEIC (min. 750)
    • TOEFL iBT (min. 80)
    • TOEFL PBT (min. 550)

 

KOICA Scholarship

Beasiswa KOICA juga termasuk dalam daftar beasiswa lanjut studi di Korea loh, Cationers. Beasiswa bersifat fully funded ini terbuka untuk jenjang S2 dan S3. Selain itu, beasiswa KOICA merupakan salah satu program yang dibuat oleh Korea International Cooperation Agency. 

 

Melalui beasiswa KOICA, kamu bisa mendapatkan benefit seperti tunjangan biaya pendidikan, uang saku, asuransi kesehatan, dan tempat tinggal. 

 

Selain itu, universitas seperti Seoul National University, Ewha Womans University, Yonsei University, Hanyang University, dan Incheon National University juga termasuk ke dalam daftar universitas beasiswa KOICA.

 

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, berikut syarat-syarat yang diperlukan:

  1. Tidak berusia lebih dari 40 tahun
  2. Warga negara Indonesia
  3. Bekerja di pemerintahan
  4. Formulir pendaftaran
  5. Ijazah
  6. Surat rekomendasi
  7. Transkrip nilai
  8. Fotokopi paspor
  9. Sertifikat kemahiran berbahasa Inggris

 

AMA+ Scholarship

Beasiswa terakhir yang masuk ke dalam daftar beasiswa lanjut studi di Korea Selatan adalah AMA+ Scholarship. Beasiswa dengan tipe fully funded ini terbuka untuk jenjang S1 dan S2. Selain itu, untuk Cationers yang tertarik dengan bidang seni, beasiswa AMA+ cocok untuk kamu.

 

Benefit yang bisa kamu dapatkan dari beasiswa ini adalah tiket pesawat kelas ekonomi dari negara asal ke Korea Selatan (untuk awal keberangkatan & kelulusan), uang saku, pelatihan bahasa Korea, asuransi kesehatan, dan tunjangan biaya pendidikan. 

 

Adapun syarat yang kamu perlukan untuk mendaftar beasiswa AMA+ seperti berikut:

  1. Formulir pendaftaran
  2. Personal statement
  3. Study plan
  4. Hasil medical assessment
  5. Tiga surat rekomendasi
  6. Ijazah
  7. Transkrip nilai
  8. Fotokopi paspor
  9. Sertifikat kemahiran berbahasa
    • TOPIK (untuk bahasa Korea)
    • IELTS atau TOEFL (untuk bahasa Inggris)

 

Itu lah empat beasiswa yang masuk ke dalam daftar beasiswa lanjut studi di Korea dari Heon. Untuk Cationers yang ingin daftar beasiswa-beasiswa tersebut, jangan sampai ketinggalan deadline dan dokumennya, ya!

 

Gak hanya tentang beasiswa, ada banyak informasi lainnya di blog Hellocation, lho. Yuk, stay tuned, Cationers!

Kamu juga bisa join group telegram Hellocation melalui link berikut: t.me/hellocation atau follow Instagram kami di Hellocation ID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *