Maret 2, 2024

Illustrasi Guru AI

Sumber Gambar: Freepik

Artificial Intelligence (AI) merupakan kecerdasan buatan. Sadar tidak sadar, AI sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari dan akan terus berkembang di masyarakat. Banyak negara yang sudah memperkenalkan AI ke dalam kurikulum sekolah, salah satunya Korea Selatan. 

Dilansir dari KBS World Indonesia, Dinas Pendidikan Metropolitan Seoul memutuskan untuk melakukan program percobaan di sejumlah sekolah dengan menggunakan robot untuk mengajarkan pelajaran bahasa Inggris mulai tahun depan. Hal ini untuk memperkuat pembelajaran bahasa Inggris pada sistem pendidikan pelayanan publik.

Pada bulan Maret tahun depan, lima sekolah dasar dan menengah pertama di Seoul akan menerapkan “tutor robot” dari perusahaan swasta untuk memberikan pelajaran bahasa Inggris langsung di ruang kelas. Robot ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan menyerupai robot yang umumnya ditemui di restoran, mampu berinteraksi dalam bahasa Inggris dengan siswa. Mereka menyediakan pembelajaran tatap muka yang disesuaikan dan berfungsi sebagai asisten guru.

Selain itu di bulan yang sama, chatbot dan aplikasi ponsel pintar juga diterapkan untuk percakapan bahasa Inggris yang sebelumnya akan melalui masa percobaan pada siswa kelas 3 SD dan siswa SMP mendatang.

Buku AI Segera Diluncurkan

Kementerian Pendidikan Korea Selatan baru-baru ini mengumumkan bahwa, tahun 2025 akan diperkenalkan buku AI kepada guru dan siswa. Hal ini disebabkan banyaknya permintaan yang terus meningkat terkait inovasi baru konten pembelajaran. Buku-buku tersebut akan digunakan di kelas sekolah dasar dan menengah Korea.

Dikutip dari Jawa Pos, Asia Daily melaporkan bahwa buku AI segera diluncurkan dalam bahasa Korea mulai musim semi 2025. Buku ini akan digunakan oleh siswa kelas tiga dan empat sekolah dasar Korea serta siswa kelas satu SMP. Mereka akan menggunakan buku ini untuk beberapa mata pelajaran seperti matematika, bahasa Inggris dan kelas IT.

Kementerian Pendidikan Korea mengatakan, rencananya mata pelajaran dari buku tersebut, akan diperluas ke mata pelajaran sains dan teknologi, ekonomi keluarga di tahun 2026, dan sejarah di tahun 2027. Di tahun 2028, mata pelajaran seni, olahraga dan musik, masuk ke dalam penerapan kursus AI. 

Telusuri juga: Mengenal Fakta-Fakta Menarik Sistem Pendidikan di Korea

Alasan AI diperkenalkan ke dalam kurikulum sekolah dasar

Illustrasi siswa sekolah dasar

Sumber Gambar: Pngtree

Pertama, AI telah mengubah berbagai sektor industri dan diperkirakan akan berdampak besar pada pasar kerja di masa depan. Dengan memperkenalkan mata pelajaran AI sejak usia dini, siswa akan lebih siap menghadapi pekerjaan mendatang.

Kedua, AI memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Misalnya, sistem bimbingan belajar berbasis AI dapat menyediakan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. Hal ini dapat membantu mereka belajar dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan demikian, masuknya AI ke dalam kurikulum, akan membantu siswa menjadi lebih inovatif dan lebih mudah untuk menciptakan produk baru. Selain itu, siswa juga lebih siap memahami dan menavigasi industri saat ini.

Mau tau info negara Korea Selatan lainnya? Pantau terus beritanya di website HelloCation. Ikuti juga instagram HelloCation di @hellocationkorea dan @hellocation.id ya!

2 thoughts on “AI Menjadi Guru Masa Depan di Korea Selatan

  1. Ulasan yg bagus mengenai AI dimana dengan kemajuan IPTEK maka peran AI semakin dibutuhkan untk menunjang diberbagai bidang kehidupan.

  2. Tulisan yg sangat menginspirasi utk kita smua terutama utk tenaga pengajar semoga tambah lbih baik lagi dan tambah semngat lg dgn diperkenalkan AI dan masuk dalam kurikulum…
    Semangat jg utk Azka dlm membuat tulisan2 yg memberikan inspirasi kpd kita smua…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *