Mei 27, 2024

Mengenal fakta menarik sistem pendidikan di Korea.

Annyeong, halo semuanya kalian pasti sudah gak asing lagi dengan negara Korea bukan, apalagi Korea Selatan? Kali ini Heon bakal bahas tentang fakta-fakta menarik sistem pendidikan di negara Korea. Kalian pasti udah gak asing lagi tentang gambaran pendidikan di Korea, Apalagi pecinta drakor nih, kalian pasti suka dengan cerita yang latar belakangnya pelajar korea dan bahkan kalian sampai membayangkan rasanya menjadi pelajar seperti di drama Korea.

"sistem penddikan korea"
sumber gambar : clover blossoms

Baja juga :Intip 10 Fakta Menarik Sistem Pendidikan di Jerman

 

Tapi apa kalian tahu nih, kalau di Korea itu memiliki sistem pendidikan yang unik loh, kalau kalian penasaran, yuk, simak penjelasannya sampai habis ya!!!

Korea selatan memiliki sistem pendidikan yang sedikit mirip dengan di Indonesia  loh, saat ini sistem tersebut dikenal dengan sistem 6-3-3-4. Maksud dari angka tersebut adalah 6 tahun sekolah dasar, 3 tahun  SMP, 3 tahun SMA, dan yang terakhir 4 tahun kuliah S1. Konsep tersebut hampir mirip bukan dengan yang ada di Indonesia? Tapi ada fakta menarik lainnya juga loh, yang membuat sistem pendidikan di Korea Selatan memiliki ciri khas tersendiri. Berikut beberapa sistem penddikan Korea Selatan yang unik:

Sistem Hagwon

Hagwon Bimbel Korea
sumber gambar : Namsan korean course

Hagwon adalah sebuah istilah yang dikaitkan dengan Bimbingan belajar atau les. Hagwon ini biasanya dilakukan ketika pulang sekolah atau ketika pembelajaran sekolah sudah berakhir. Untuk siswa sekolah menengah, biasanya difokuskan pada materi pembelajaran bidang akademik seperti sains, sosial, matematika dan lain-lain, sedangkan untuk sekolah dasar, difokuskan pada bidang akademik , seni atau bahkan olahraga. Biasanya untuk waktu hagwon anak sekolah menengah dimulai dari sore sekitar pukul 17.00 sampai malam sekitar pukul 19.00. Setelah itu pelajar bebas melakukan belajar mandiri atau berisitrahat.

 

Kurikulum

sumber gambar: Kompas.com

Korea selatan memiliki kurikulum yang di update selama 5-10 tahun sekali dan memfokuskan  pelajar agar lebih demokratis, memiliki keyakinan moral dan kewarganegaraan yang kuat. Mata pelajaran yang masuk kedalam kurikulum utama adalah bahasa Indonesia, ilmu sosisal, matematika, sains, pendidikan jasmani, moral, musik, seni rupa dan seni praktis.

Selain itu Korea Selatan selalu update dan menerapkan pembelajaran teknologi terbaru sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk memenuhi kurikulum tersebut, fasilitas sekolah juga ikut andil dalam mengambangkan kurikulum tersebut.

Baja juga:Hal yang harus kamu tau sebelum berkarir di Korea Selatan

 Tes masuk SMA

"gambaran test CSAT masuk SMA di Korea"
sumber gambar: Liputan6.com

Siswa-siswi yang ingin mendaftar ke SMA atau sekolah menengah atas di Korea perlu mengikuti tes College Scholastic Aptitude Test (CSAT) atau dikenal dengan Suneung. Untuk materi yang diuji dalam tes tersebut adalah bahasa korea, matematika, bahasa inggris, sejarah korea, bahasa asing kedua, dan 2 mata pelajaran tambahan. Tes tersebut dikenakan biaya untuk mengikuti ujian karena tidak dianggap pendidikan wajib di Korea Selatan

Memiliki nama Inggris

Sumber gambar : Rukita

Baca juga:Kuliah 2.5 Tahun dengan Beasiswa BCA Tahun Ajaran 2024!

Tahukah kalian bahwa di Korea Selatan terutama yang ikut Hagwon itu memiliki nama Inggris sendiri loh, hal ini memudahkan mereka untuk memanggil nama karena terkadang terdapat nama yang pelafalannya sulit diucapkan.  Biasanya nama panggilan mereka dibuat sendiri atau dibuatkan oleh orang tua atau bahkan, dibuatkan guru les mereka.

Negara Korea Selatan merupakan negara dengan pendidikan terbaik di negara Asia Tenggara  Berdasarkan skor PISA, Korea Selatan berhasil menempati posisi ke-7 dengan skor membaca 514, sains 519, dan matematika 526. Hal ini merupakan hal baik loh bagi Negara Korea karena memiliki peringkat dengan sistem pendidikan mereka yang baik.

Nah, itu dia beberapa fakta-fakta menarik dari sistem pendidikan di Korea Selatan, terdengar menarik bukan? buat kalian yang penasaran dan ingin mendapatkan informasi-informasi menarik seputar Negara luar negeri, kalian boleh follow Instagram http://hellocation.id loh!!! Di sana juga menyediakan informasi seputar Beasiswa luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *