Maret 2, 2024
Test TOPIK untuk Beasiswa

Saat akan mengambil beasiswa, khususnya ke Korea, tentunya kita harus melengkapi beberapa berkas terlebih dahulu. Salah satu yang paling umum yaitu skor test TOPIK.

Sebelum mengetahui lebih lanjut bagaimana mempersiapkan test TOPIK, Cationers harus mengerti dulu apa itu test TOPIK dan apa aja sih kegunaannya. Yuk simak di bawah ini yaa!

 

Apa itu Test TOPIK?

TOPIK atau Test of Proficiency in Korean merupakan ujian yang dilakukan oleh non-penutur asli bahasa Korea yang digunakan untuk mengukur kemampuan dan kemahiran dalam berbahasa Korea. Sama halnya dengan TOEFL dan IELTS yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris.

Umumnya TOPIK terbagi menjadi dua bagian, yaitu TOPIK I yang mencakup level 1 dan 2, serta TOPIK II yang mencakup level 3 sampai dengan 6.

 

Baca juga: Ingin Memilih Gap Year? Wajib Tau Kelebihan dan Kekurangannya

 

Kegunaan Nilai Test TOPIK

Selain digunakan untuk mendaftar beasiswa untuk berkuliah di Korea Selatan, hasil dari test TOPIK juga dapat digunakan untuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Mendaftar ke Universitas Korea sebagai non-penutur asli bahasa Korea atau mahasiswa asing.
  2. Melamar pekerjaan dan mendapatkan visa kerja untuk perusahaan dan institusi publik Korea.
  3. Mengurus sertifikasi instruktur bahasa Korea.
  4. Mengurus status permanent resident atau izin tinggal secara permanen.
  5. Mendapatkan visa imigran berdasar pernikahan.
  6. Mendapatkan pengakuan lisensi praktisi domestik untuk orang asing dengan kualifikasi dokter medis.

Test TOPIK untuk Beasiswa

Tips Mempersiapkan Test TOPIK untuk dapat Nilai Tinggi

Penting bagi kamu untuk mempersiapkan test TOPIK dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut Heon telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri.

1. Ketahui syarat kelulusan test TOPIK

TOPIK I

Level

Tidak Lolos 1 2
Nilai 0 – 79 80 – 139

140 – 200

TOPIK II

Level

Tidak Lolos 3 4 5 6
Nilai 0 – 119 120 – 149 150 – 189 190 – 229

230 – 300

2. Pahami struktur TOPIK

TOPIK I berisi 70 soal yang harus dikerjakan dalam kurun waktu 100 menit dan hanya memiliki satu sesi ujian, serta terbagi dalam dua bagian, yaitu

  • Listening (40 menit) dengan 30 soal pilihan ganda.
  • Reading (60 menit) dengan 40 soal pilihan ganda.

Sedangkan TOPIK II berisi 104 soal yang harus dikerjakan dalam kurun waktu 180 menit. TOPIK II memiliki dua bagian dan dikerjaan dalam dua sesi ujian.

  • Listening (60 menit) dengan 50 soal pilihan ganda.
  • Writing (50 menit) dengan dua soal melengkapi kalimat atau menjawab pertanyaan tertulis dan dua soal esai. Dalam soal esai pertama, kamu akan diminta menulis esai deskriptif 200 hingga 300 karakter. Untuk esai kedua, kamu akan diminta menulis esai argumentatif 600 hingga 700 karakter.

Setiap test, baik listening maupun writing memiliki rentang nilai 0 – 100.

3. Hafalkan kosakata

Dalam soal TOPIK akan banyak sekali muncul kosakata bahasa Korea yang mungkin belum kamu pelajari. Maka, sebaiknya kamu menghafalkan kosakata minimal 500 hingga 1.000 kosakata setiap harinya.

4. Berlatih baca Hangeul dengan cepat

Penting untuk bisa membaca hangeul dengan cepat dan lancar agar waktumu tidak habis untuk membaca soal saja. Teruslah berlatih membaca hingga lancar.

5. Sering berlatih soal-soal test TOPIK

Untuk hasil yang maksimal, berlatihlah mengerjakan soal ujian TOPIK sebelumnya disertai memasang batas waktu, sehingga kamu akan terbiasa saat test sebenarnya dimulai. Tandai kosakata yang belum kamu pahami dan cari tau setelahnya.

6. Usahakan menjawab setiap pertanyaan

Sesulit apapun pertanyaan yang kamu dapat, terutama dalam soal pilihan ganda, usahakan untuk menjawab semuanya. Kamu memiliki peluang sebesar 25% untuk menjawab dengan benar, jadi percaya dirilah!

7. Jangan terpaku pada pertanyaan sulit

Sama seperti mengerjakan test pada umumnya, apabila kamu lama terjebak pada suatu soal, maka akan membuatmu kehabisan waktu dan tidak sempat mengerjakan soal lainnya. Ada baiknya kamu lewati soal tersebut dan kembali lagi setelah menyelesaikan soal lainnya yang lebih gampang.

8. Baca instruksi dengan teliti dan fokus pada 여자 dan 남자

Biasanya banyak yang terkecoh karena kelalaian dalam membaca instruksi, sehingga kamu harus memperhatikan betul apa yang diminta. Selain itu juga, kamu harus fokus saat mendengarkan apa yang dikatakan 여자 dan 남자 dalam percakapan.

9. Siapkan perlengkapan yang harus dibawa saat test TOPIK

Siapkan semua kebutuhan di hari sebelumnya agar tidak kelupaan. Pastikan kamu membawa kartu identitas KTP atau Paspor terbaru dan kartu test (yang akan dibagikan di lokasi ujian).

10. Buat catatan kecil

Kamu bisa membuat beberapa catatan pada space yang kosong di atas kertas saat akan mengerjakan test TOPIK. Hal ini akan membantu kamu mengingat beberapa kata ataupun data yang gampang dilupakan dalam waktu singkat.

 

Baca juga: Fakta-fakta Aliran Sekte Sesat di Korea

Nah, sekarang Cationers udah tau kan apa saja yang harus dipersiapkan untuk test TOPIK! Kuncinya adalah selalu berlatih dan bangun niat untuk belajar. Good luck untuk test-nya dan dapatkan informasi menarik lainnya dengan ikuti terus blog Hellocation dan follow instagram Hellocation di @hellocationkorea @hellocation.id @exploration.hc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *