Maret 2, 2024
Pendaftaran Beasiswa GKS-U

Sumber: Pexels/Lee Byunghun

Korea Selatan menjadi salah satu negara favorit masyarakat dari berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk melanjutkan studi. 

 

Dilansir dari CNBC Indonesia, universitas seperti Kyung Hee University, Hanyang University, Yonsei University, dan Sungkyunkwan University menjadi beberapa universitas yang memiliki jumlah mahasiswa internasional tertinggi di Korea Selatan. 

 

Nah, untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke Korea Selatan, ada beasiswa GKS loh, Cationers!

 

Beasiswa GKS atau Global Korea Scholarship merupakan beasiswa fully funded bagi mahasiswa internasional. Beasiswa ini juga terbagi menjadi dua, yaitu GKS-U dan GKS-G.

 

GKS-U (Undergraduate) mempunyai batas usia 25 tahun dan GKS-G mempunyai batas usia 40 tahun. Tidak hanya itu, terdapat banyak benefit yang bisa kamu dapatkan dari beasiswa tersebut. 

 

Yuk, intip apa saja benefitnya dan informasi lainnya tentang pendaftaran beasiswa GKS-U.

 

Baca juga: Berbagai Arti Slang Populer Bahasa Korea Yang Perlu Kamu Ketahui!

 

Pendaftaran Beasiswa

Pendaftaran beasiswa GKS memiliki 2 jalur, yaitu Embassy Track dan University Track. Berikut adalah penjelasan mengenai jalur Embassy Track dan University Track:

 

Embassy Track

Embassy Track merupakan jalur pendaftaran melalui Kedutaan Besar Republik Korea Selatan di negara peserta. Peserta mengirimkan berkas yang diminta, termasuk formulir pendaftaran dan berkas lainnya ke kantor kedutaan besar. Kedutaan besar memilih pelamar potensial yang akan lanjut ke tahap berikutnya. 

 

Jika peserta memilih Embassy Track, mereka dapat memilih 3 universitas dengan jurusan yang sama di awal pendaftaran. Selain itu, setelah peserta lolos pada tahap yang dijadwalkan oleh kedutaan besar, berkas akan diberikan ke universitas yang dituju. Lalu, universitas akan melakukan seleksi lagi dan akan mengumumkan hasil akhirnya.

 

University Track

Berikutnya adalah University Track nih, Cationers. University Track merupakan jalur pendaftaran dengan cara langsung mendaftar ke universitas yang tujuan. Namun, peserta hanya bisa mendaftar 1 universitas saja. 

 

Jika peserta memilih University Track dan lolos ke tahap berikutnya, mereka akan mengikuti tes atau seleksi yang diberikan oleh universitas masing-masing. Apabila peserta lolos, mereka akan mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dan berkas mereka akan diberikan ke penyelenggara beasiswa. 

 

Benefit

Berikut adalah benefit atau keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu terpilih menjadi awardee:

  1. Tunjangan kedatangan sebesar 200,000 won atau sekitar Rp2,3 juta
  2. Tiket pesawat pulang-pergi
  3. Tunjangan hidup sebesar 900,000 won atau sekitar Rp10 juta
  4. Asuransi kesehatan
  5. Tunjangan untuk penelitian
  6. Pelatihan bahasa Korea selama 1 tahun
  7. Tunjangan kemampuan berbahasa Korea sebesar 100,000 won bagi mereka yang memiliki skor TOPIK dengan level 5 atau 6

 

Nah, itulah informasi mengenai pendaftaran beasiswa GKS dan benefitnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kamu ya, Cationers! 

 

Persiapan GKS bersama Hellocation

Jika Cationers ingin daftar beasiswa GKS tapi masih bingung dengan persiapannya dan membutuhkan bimbingan, kamu bisa join Global Korea Scholarship Mentoring Program bersama Hellocation!

 

Di program ini, ada Regular Class dan Private Class loh, Cationers. Di Regular Class, kamu akan mendapatkan 4 kali pertemuan, group mentoring dengan durasi 60 menit di setiap pertemuannya (20 peserta/kelas), mendapatkan record class dan materi setiap kelas, serta konsultasi melalui chat selama periode mentoring (dapat dilakukan setiap jadwal pertemuan). Gak hanya itu, ada review study plan dan personal khusus untuk peserta aktif.

 

Sementara itu, di Private Class, kamu akan mendapatkan 6 kali pertemuan, pertemuan dengan durasi 100 menit per satu kelas yang terdiri dari 1 orang, dapat melakukan konsultasi secara daring kapanpun selama periode berlangsung (sesuai kesepakatan dengan mentor), serta free 2x proofread dokumen-dokumen loh, Cationers. Menarik sekali, bukan? Yuk, daftar!

 

Untuk informasi lebih lanjut seputar beasiswa dari seluruh dunia, kamu dapat mengunjungi akun Instagram Hellocation ID atau bisa melihat artikel lain di blog Hellocation, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *