April 23, 2024
hancinema.net

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggemar K-Pop terbesar di dunia. Hal itu banyak memberikan pengaruh terhadap bangsa Indonesia. Salah satu pengaruhnya adalah dalam bidang bahasa. Terdapat cukup banyak kosakata bahasa Korea yang mungkin tidak asing lagi di telinga para penggemar K-Pop. Oleh karena itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memasukkan kosakata serapan bahasa Korea ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Yuk simak 10 kosakata serapan bahasa Korea dalam KBBI!

1. Bancan

myseoulbox.com

Bancan di dalam bahasa Korea disebut dengan banchan. Bancan ini berupa lauk-pauk pendamping yang ada dalam tradisi kuliner di Korea. Di dalam KBBI  bancan diartikan sebagai ‘makanan pendamping nasi khas Korea dapat terbuat dari daging, ikan, sayur, dan lainnya, biasa disajikan dalam piring-piring kecil dengan porsi terbatas’. Bancan memang disajikan dalam porsi yang sedikit dengan tujuan untuk dihabiskan sekali makan saja.

2. Bibimbap

recipetineats.com

Bibimbap adalah masakan Korea yang berupa nasi campur. Bibimbap ini berupa nasi dan lauk-pauk yang diaduk menjadi satu. Di dalam KBBI bibimbap artinya adalah ‘makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi telur mentah atau matang’. Lauk dalam bibimbap ini biasanya, yaitu sayuran, daging sapi, telur, dan gocujang.

3. Bingsu

koreanbapsang.com

Bingsu atau di Korea dikenal dengan patbingsu merupakan dessert  yang banyak digemari oleh masyarakat Korea terutama ketika musim panas datang. Bingsu juga disebut dengan es serut kacang merah manis. Di dalam KBBI Bingsu artinya adalah ‘minuman berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai pugasan lain’.

4. Gocujang

minimalistbaker.com

Gocujang atau gochujang merupakan pasta cabai yang berbahan dasar beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi di dalam tempayan tembikar yang berukuran besar. Di dalam KBBI gocujang diartikan sebagai ‘pasta cabai yang terbuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasi, dan garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan Korea’.

5. Hanbok

koreaboo.com

Hanbok merupakan pakaian tradisional dari Korea dan umunya hanbok ini berwarna cerah. Di dalam KBBI hanbok artinya adalah ‘baju tradisional Korea berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan atau celana longgar panjang bagi pria, biasa digunakan pada acara formal seperti pernikahan dan upacara kematian atau hari peringatan nasional’.

6. Kimci

koreanbapsang.com

Kimci atau kimchi merupakan salah satu jenis bancan yang paling umum disajikan di Korea. Bahan utama dari kimci ini biasanya adalah sawi putih dan lobak. Di dalam KBBI kimci adalah ‘makanan Khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui (dengan bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya) kemudian difermentasikan’.

7. Mandu

simplyrecipes.com

Mandu atau pangsit terbuat dari adonan tepung dan diisi dengan daging yang dibumbui.  Mandu di dalam KBBI diartikan sebagai ‘pangsit khas Korea, biasanya menggunakan tofu’.

8. Manhwa

webtoon.com

Buat para pecinta Webtoon pasti sudah tidak asing dengan kosakata manhwa. Manhwa artinya adalah komik. Di dalam KBBI manhwa diartikan sebagai ‘komik khas Korea’.

9. Mokbang

allkpop.com

Mokbang atau meokbang merupakan siaran berupa audiovisual secara daring yang sempat menjadi tren baik di Korea Selatan maupun di Indonesia. Di dalam KBBI mokbang artinya ‘siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan, biasanya disiarkan secara daring’.

10. Oppa

asianwiki.com

Kosakata satu ini adalah kosakata yang tidak asing di telinga para penggemar K-Pop. Bahkan saat ini kosakata oppa sering dijadikan sapaan yang lazim digunakan oleh seseorang. Oppa di dalam KBBI artinya adalah ‘panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua, biasanya yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama (seperti kakak kandung, teman, atau kekasih).’

Nah, bagaimana menarik bukan? Pasti kamu sudah banyak tahu mengenai kosakata-kosakata tersebut. Tertarik dengan info seputar bahasa Korea lainnya? Yuk kepoin terus informasi-informasi menarik di platform-platformnya Hellocation. 

Follow for more info on Instagram:

@hellocation.id

@hellocationkorea

@exploration.hc

1 thought on “10 Kosakata Serapan Bahasa Korea dalam KBBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *