Mei 27, 2024

Mini album "Easy" LE SSERAFIM Menjadi kontroversi

Coachella merupakan festival musik terbesar tahunan yang digelar di Amerika Serikat. Panggung Coachella juga dikenal dengan penampilan bernyanyi secara live. Pada tahun ini, Le Sserafim menjadi salah satu tamu undangan yang tampil di panggung Coachella

Le Sserafim berkesempatan untuk tampil sebanyak dua kali di panggung Coachella. Di minggu pertama pada Sabtu, 13 April 2024. Le Sserafim juga tampil di minggu kedua pada Sabtu, 20 April 2024 kemarin. Namun, moment ketika Le Sserafim diumumkan sebagai perwakilan dari K-pop Girlgroup justru menuai banyak kecaman, kritikan, dan keraguan atas kemampuan live vocal mereka oleh para netizen baik netizen korea maupun internasional. 

Reaksi Netizen Pada Penampilan Le Sserafim di Minggu Pertama

Penampilan Le Sserafim di Coachella 2024 di minggu pertama pada Minggu, 14 April 2024. Le Sserafim tampil selama 45 menit dengan membawakan lagu-lagu andalannya “Smart”, “Perfect Night”, “Fear not”, dan masih banyak lainnya. Diketahui penampilan perdana tersebut, Le Sserafim menuai kritikan karena penampilannya yang tidak sesuai ekspektasi. 

Sebelum manggung, grup Idol ini sempat mengumumkan akan membawakan lagu yang belum pernah dirilis berjudul “1-800-hot-n-fun”. Tak hanya itu, Le Sserafim memberikan penampilan bersama musisi terkenal asal Amerika, Nile Rodgers, untuk membawakan lagu utama mereka yang berjudul “Unforgiven”.

Sayangnya setelah naik di atas panggung, publik menilai kemampuan vokal para personil grup ini dianggap kurang memadai. Warganet juga mempersoalkan kemampuan vokal personel Le Sserafim yang disebut tidak sesuai dengan ekspektasi dari apa yang ditampilkannya lewat video klip mereka. Jagat media sosial pun kemudian dibanjiri potongan video personil Le Sserafim dengan narasi yang mengarah pada suara vokalnya.

Kritik terhadap penampilan Le Sserafim di Coachella 2024 juga tidak luput dari perhatian. Penampilan mereka disiarkan di Televisi Nasional Korea dan mendapat tanggapan dari kritikus seni Kim Do Hong. “Yang kami harapkan dari Coachella bukanlah ketidaksalahan dalam menyanyi, tetapi penampilan yang dinamis di festival tersebut. Artis perlu mempersiapkan diri dengan matang untuk panggung besar seperti Coachella,” ujar Kim.

Respon Member Le Sserafim 

Usai penampilan Le Sserafim di Coachella 2024, Kim Chaewon memperbarui video Doja Cat yang mengacungkan jari tengahnya melalui Instagram Story (IGS), demikian dilaporkan oleh saluran YouTube Yuseul Kim pada Sabtu, 20 April 2024.

Meskipun IGS tersebut telah dihapus, netizen menyimpulkan bahwa postingan Kim Chaewon mungkin ditujukan kepada mereka yang mengkritik penampilan Le Sserafim di Coachella 2024. Ada spekulasi bahwa Chaewon mengunggah video tersebut karena merupakan penggemar Doja Cat. Namun, setelah postingan tersebut menjadi viral, baik HYBE Entertainment maupun Kim Chaewon tidak memberikan penjelasan.

Postingan Sakura Le Sserafim di Weverse juga menuai kritik karena pernyataannya tentang ketidaksempurnaan. “Aku tidak cukup baik di mata orang lain. Tapi tidak ada orang yang sempurna di mata semua orang,” ujar Sakura. “Saya percaya setiap tahap yang kita lalui adalah yang terbaik yang pernah kita alami,” tambahnya. Sakura Le Sserafim berharap dapat tampil lebih baik di minggu kedua Coachella 2024 dengan mengatakan, “Mari kita buat minggu depan sebaik mungkin.” Reaksi netizen terhadap postingan Sakura di Weverse pun menjadi perbincangan di kalangan pengguna internet.

Reaksi Netizen Pada Penampilan Le Sserafim di Minggu Kedua

Le Sserafim kembali menunjukan kebolehannya di panggung Coachella pada Minggu (21/4) lalu. Ini adalah penampilan Le Sserafim di pekan kedua Coachella 2024, setelah skill vokal mereka minggu lalu menjadi sasaran kritik yang luar biasa di media sosial. Tentu saja, penampilan mereka kali ini mendapatkan atensi yang tinggi dari para penonton. Banyak dari mereka yang berharap Le Sserafim bisa tampil lebih baik dibanding pekan lalu. Faktanya, banyak netizen yang merasa Le Sserafim sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Kemampuan vokal mereka lebih meningkat, sehingga tidak ada lirik yang sumbang ketika dinyanyikan.

Namun sayangnya, di tengah pujian yang mereka terima, tak sedikit netizen menuduh Le Sserafim lipsync. Netizen berkomentar bila girl band Korea ini sengaja membesarkan back track mereka, supaya suara asli mereka bisa lebih tertutupi. Perdebatan ini kembali memanas di media sosial. 

Banyak netizen yang menunjukkan beberapa momen, bila grup ini memang tidak bernyanyi secara langsung. Terutama, saat mereka tampil menyanyikan lagu Antifragile. Salah satu membernya, Chaewon, tiba-tiba melepas mikrofonnya saat lagu tersebut masih diputar. Alhasil, ia terlihat seperti lipsync. Tak sampai di situ saja, Kazuha juga tak lepas dari sorot mata netizen. Mereka mencatat Kazuha juga melepas mikrofonnya di bagian akhir lagu tersebut. Tetapi musik latar seakan-akan konsisten mengikutinya. Hal ini memicu dugaan lain, bila Le Sserafim sudah melakukan rekaman yang khusus dibawakan selama pertunjukan. Kejadian ini cepat menyebar di berbagai platform, yang membuat perdebatan sengit bila Le Sserafim tak seharusnya tampil di panggung besar seperti Coachella. 

Melihat reaksi tersebut menjaditersebut, menjadi pertanda bahwa gelombang kritik yang diterima Le Sserafim masih cukup tinggi, meski penampilan mereka di Coachella telah berakhir. Gimana nih menurut Cationers? Yuk, tulis pendapatmu tentang Penampilan Le Sserafim baik di minggu pertama dan kedua di kolom komentar di bawah! Dapatkan informasi dan berita menarik seputar Korea Selatan dengan mengikuti blog dan Instagram @hellocationkorea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *