Mei 27, 2024

 

Source: pexels.com

Interview atau wawancara kerja merupakan salah satu tahap penerimaan kerja yang harus dilalui oleh pelamar kerja agar perusahaan dapat mengetahui kualitas dari pelamar kerja dengan posisi yang dilamar. Tahap ini merupakan tahap yang penting dan sangat dipertimbangkan oleh rekruiter, namun tak jarang banyak orang mengalami beberapa kesulitan dalam menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan. Bagi Cationers yang mengalami kendala serupa, yuk simak dan catat beberapa tips interview kerja berikut!

Tips Interview Kerja

  • Riset profil perusahaan dan posisi yang dilamar

Sebelum kamu mengikuti interview kerja, cobalah untuk mencari tahu profil perusahaan dan posisi yang dilamar. Profil perusahaan ini dapat berupa visi, misi, dan tujuan perusahaan. Informasi mengenai perusahaan dan posisi ini biasanya terdapat di website resmi atau sosial media perusahaan. 

  • Buat list pertanyaan wawancara 

Sebelum kamu melakukan interview kerja, kamu juga dapat mempelajari beberapa pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh rekruiter. 

  • Praktik menjawab pertanyaan

Beberapa orang biasanya mengalami kesulitan pada bagian menjawab pertanyaan interview, oleh karena itu penting untuk terus praktik dengan mempersiapkan jawaban dengan baik sesuai dengan diri sendiri. Untuk menjawab pertanyaan, kamu dapat menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, dan Result).

  • Berpenampilan rapi dan sopan 

Sebelum menghadiri interview, penting untuk membaca instruksi wawancara terlebih dahulu yang biasanya juga menyertakan mengenai aturan berpakaian. Setiap perusahaan tentunya memiliki aturan berpakaian yang berbeda-beda seperti formal atau kasual. Kamu juga dapat mencari tahu budaya berpakaian perusahaan dan menyesuaikannya dengan pakaian untuk wawancara. Namun, pastikan pakaian nyaman untuk digunakan sehingga tidak mengganggu saat melakukan wawancara nanti.

  • Perhatikan body language 

Body language atau bahasa tubuh saat melakukan wawancara juga sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mencerminkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, pastikan memperlihatkan bahasa tubuh yang baik dan terlihat nyaman saat wawancara.

  • Siapkan pertanyaan untuk rekruiter

Pada bagian akhir wawancara, rekruiter biasanya akan memberikanmu kesempatan untuk bertanya. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan ini untuk bertanya mengenai proses perekrutan, budaya perusahaan, atau hal lain yang ingin ditanyakan untuk menunjukkan ketertarikanmu pada posisi yang dilamar. 

Nah, itulah beberapa tips interview kerja yang dapat Cationers coba terapkan. Jangan lupa follow @hellocationkorea untuk mendapatkan tips dan informasi menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *