April 23, 2024
Source:  Getty Images

Baca juga : https://blog.hellocation.id/fakta-menarik-dan-sejarah-tersembunyi-istana-gyeongbokgung-di-korea-selatan/

Mendengar kata Pulau Jeju, pastinya membuat para Cationers langsung memikirkan keindahan yang disajikan melalui beberapa scene di drama Korea. Pulau Jeju bukan suatu tempat yang asing lagi bagi para pecinta drama Korea atau penikmat musik Korea. Dengan banyaknya drama Korea yang memilih Pulau ini menjadi lokasi syuting nya, membuat rasa penasaran dan menggetarkan diri agar bisa suatu saat memijakkan kaki di pulau ini.

Beberapa drama Korea seperti Doom At Your Service, Our Blues, dan yang baru-baru ini yaitu Welcome to Samdalri merupakan drama yang memilih Pulau Jeju sebagai lokasi syuting. Dan juga beberapa idol Korea seperti Seungkwan Seventeen, Joy Red Velvet, Jay iKON, dan masih banyak lagi adalah idol yang lahir di pulau yang indah ini. Melihat begitu populernya pulau ini, Cationers tentu saja ingin mengetahui lebih lengkap tentang Pulau Jeju ini bukan?

Bagi Cationers yang ingin mengetahui fakta-fakta unik tentang pulau ini atau menjelajahi Pulau Jeju ini meski hanya dari layar, berikut hal yang perlu Cationers terkait Pulau Jeju.

 

Pulau Terbesar di Korea Selatan

Fakta menarik pertama dari Pulau Jeju adalah sebagai pulau terbesar di Korea Selatan. Selain menjadi pulau terbesar, Pulau Jeju juga menjadi destinasi wisata yang paling diminati di Korea Selatan.

Di Pulau Jeju, kita bisa melihat indahnya pantai, warisan budaya, pegunungan yang indah, dan lain sebagainya. Pulau Jeju termasuk salah satu provinsi di Korea Selatan yang istimewanya memiliki pemerintahan sendiri. Dengan pengelolaan sendiri, pulau ini jadi terjaga dan semakin menarik untuk dikunjungi.

 

Manusia Setengah Dewa Pendiri Jeju

Menurut legenda, Jeju didirikan oleh setengah dewa bernama Go, Ryang, dan Bu. Orang-orang ini muncul dari lubang di tanah dan kemudian menjadi pendiri Kerajaan Tamna. Mitos lain mengatakan bahwa Jeju diciptakan oleh seorang wanita kuat bernama Seolmunae Halmang yang membawa tanah di roknya dan menuangkannya ke laut. Dari situlah muncul Pulau Jeju.

 

Jeju Memiliki Struktur Matriarkal

Perempuan merupakan pencari nafkah utama bagi keluarga di Jeju atau kepala rumah tangga. Hal ini karena ‘wanita lautnya’ yang disebut haenyeo. Wanita laut ini merupakan penyelam yang memanen rumput laut, moluska, dan makhluk laut lainnya. Uniknya para wanita ini bisa menyelam hingga kedalaman 10 meter tanpa oksigen. Sebelum menyelam, mereka berdoa kepada dewi laut, Jamsugut untuk meminta keselamatan dan hasil tangkapan yang melimpah.

 

Rekomendasi Lokasi Syuting Drama Korea yang Bisa Dijadikan Tempat Wisata di Pulau Jeju

1. Handam Coastal Walk

Hand Coastal Walk atau juga dikenal sebagai Aewol Handam Coastal Trail merupakan jalur pejalan kaki yang berkelok-kelok sepanjang 1,2 km dan terletak di kawasan Pantai Handam, 6083 Iljuseo-ro, Desa Aewol, Aewol-eup, Pulau Jeju. Jalur ini menjadi bagian dari Jeju Olle Trail 15B Course sekaligus salah satu dari 31 Hidden Secrets of Jeju.

Sedangkan Pantai Handam dikenal dengan pasir putihnya dan bebatuan di sepanjang pesisirnya. Para snorkel berpengalaman kerap mengunjungi pantai ini karena terdapat banyak ikan di sekitar bebatuan. Pada musim tertentu atau ketika cuaca berangin arus airnya menjadi sangat kuat sehingga tidak disarankan untuk berenang di sana.

Pertengahan tahun 2021 ini, Handam Coastal Walk muncul dalam beberapa episode drama Doom At Your Service yang dibintangi Park Bo Young dan Seo In Guk. Pantai ini menjadi tempat Tak Dong Kyung (Park Bo Young) ‘kabur’ ketika ia sedang sedih atau ingin sendiri.

2. Gimnyeong Seonsegi Beach

Gimnyeong Seonsegi Beach merupakan salah satu pantai di Pulau Jeju yang dikenal dengan air laut berwarna kobalt dan pasir putih berbutir halus dengan bebatuan lava hitam. Selain itu, ciri khas pantai ini adalah pembangkit listrik tenaga anginnya. Lokasinya berada di 7-6 Sunrise Coast Road/Haemajihaean-ro, Desa Gimnyeong, Gujwa, Pulau Jeju.

Tahun 2021 ini, Gimnyeong Seonsegi Beach menjadi lokasi syuting drama High Class. Pada episode 15, Hwang Na Yoon (Park Se Jin) berjumpa kembali dengan putrinya, Hwang Jae In (Park So Yi), atas bantuan Song Yeo Wool (Cho Yeo Jeong) dan Danny Oh (Ha Joon).

3. Arte Museum Jeju

Arte Museum Jeju baru dibuka pada 30 September 2020 lalu. Lokasinya berada di 478 Eorimbi-ro, Aewol, Pulau Jeju. Kemunculannya dalam drama Melancholia menjadikan museum ini semakin dikenal.

Pada episode 4, Ji Yoon Su (Im Soo Jung) dan Baek Seung Yoo (Lee Do Hyun) mengunjungi tempat ini untuk melihat ‘pesta cahaya bintang’ yang dibuat dengan seni kertas.

Arte Museum Jeju diyakini sebagai tempat pameran seni imersif terbesar di Korea Selatan. Bangunan museum ini adalah bekas pabrik yang telah direnovasi dan menampilkan 10 pameran seni media dengan tema ‘alam abadi’.

4. Pantai Woljeongri

Pantai ini terletak di sisi timur Pulau Jeju dan memiliki arti ‘sang bulan tinggal’. Laut di Pantai Woljeongri berwarna zamrud, yang indah membentang bak sebuah lukisan. Meningkatnya aktivitas pengunjung membuat pemerintah setempat membangun fasilitas seperti restoran, kafe, dan penginapan di sepanjang pesisir Pantai Woljeongri.

Pantai ini juga terkenal di kalangan peselancar karena memiliki ombak dengan ketinggian beragam dan berbagai olahraga air seperti snorkeling dan kayak. Tempat yang sempurna untuk melepas penat dengan menghirup sejuknya aroma laut.

Pantai ini muncul hampir di sebagian besar lokasi syuting Our Blues, termasuk adegan Bang Yeong Ju (Roh Yoon Seo) dan Jung Hyeon (Bae Hyun Sung) yang memadu kasih di Pantai Woljeongri.

5. Puncak Dodubong

Puncak Dodubong terletak di pesisir Dodu-dong, sebelah utara Bandara Internasional Jeju. Puncak Dodubong memiliki ketinggian 63,5 meter di atas permukaan laut dan terdiri dari tufa di dasar baratnya dan scoria di sebagian besar sisanya, tetapi lava tersebar di sepanjang pantai utara dan barat.

Hanya membutuhkan waktu 20 menit berjalan kaki menuju puncak dan menikmati pemandangan laut di utara serta panorama Kota Jeju yang dibingkai oleh Gunung Hallasan yang megah di selatan. Letak pastinya berada di San 2, Doduil-dong, Jeju-si, Jeju-do.

Puncak Dodubong ini dijadikan lokasi syuting di drama Welcome To Samdalri. Di mana pada adegan Cho Sam Dal (Shin Hye Sun) dan Cho Yong Pil (Ji Chang Wook) sering berkunjung ke sebuah bukit hijau sepulang sekolah sembari menatap pemandangan indah. Adalah Puncak Dodubong, yang menjadi tempat mereka menghabiskan waktu berdua sambil mendengarkan lagu.

Setelah menjelajahi pesona Pulau Jeju dibalik layar apakah Cationers semakin tertarik untuk bisa mengunjungi Pulau Jeju secara langsung dan mengabadikan nya dengan memori dan juga kamera?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *