Maret 2, 2024
Ilustrasi Persiapan Masuk Perguruan Tinggi: koreanherald

Korea Selatan dikenal dunia sebagai negara maju, salah satunya di bidang pendidikan. Korea Selatan adalah negara yang sangat memperhatikan sumber daya manusia melalui pendidikan berkualitas. Korea memiliki banyak universitas berkualitas tinggi yang menghasilkan generasi terampil yang memajukan bangsanya. Oleh karena itu, persaingan ketat sangat dirasakan untuk memasuki dunia perkuliahan. Hal yang identik dengan pendidikan Korea Selatan adalah tes masuk kuliah yang disebut Suneung atau College Scholastic Ability Test (CSAT). Suneung adalah tes yang perlu ditempuh sebelum memasuki bangku perkuliahan di Korea Selatan. Apa saja fakta mengenai Suneung ini? Yuk simak penjelasan berikut.

Ditempuh sebelum masuk universitas

Suneung adalah ujian masuk universitas Korea Selatan yang diberikan kepada siswa yang telah memasuki tahun ke-12 dalam rentang usia 18-20 tahun. Layaknya SBMPTN di Indonesia, Suneung diselenggarakan di seluruh Korea Selatan pada bulan November secara serentak. Dari segi soal ujiannya pun tak jauh beda dengan soal SBMPTN, terdapat soal matematika, Bahasa Korea, Bahasa Inggris, Ilmu Sosial atau Ilmu Kejuruan, dan Bahasa Asing.

Belajar berjam-jam demi universitas impian

Begitu ketatnya persaingan memasuki universitas top di Korea Selatan, siswa rela mengorbankan waktu dan tenaganya agar lancar dalam mengikuti Seneung demi mewujudkan impian untuk melanjutkan studi di universitas top. Terdapat tiga universitas negeri yang menjadi incaran utama para siswa yang mengikuti CSAT, yaitu Seoul National University, Korea University, dan juga Yonsei University. Ketiga universitas tersebut menjadi incaran karena dikenal memiliki reputasi baik, jaringan alumni yang luas, dan peluang dari perusahaan-perusahaan besar yang banyak menerima lulusan dari ketiga universitas tersebut.

Tes berlangsung selama 8 jam

Suneung dilaksanakan selama delapan jam karena menguji beberapa mata pelajaran. Mengetahui durasi yang cukup panjang, para siswa memilih untuk berangkat dari pukul 6 pagi karena khawatir bila terlambat beberapa menit saja, mereka bisa menjadi tidak fokus mengerjakan materi pembuka hingga pada tes selanjutnya.

Menguji 6 mata pelajaran

Ujian Suneung terdiri dari 6 mata pelajaran dengan format pilihan ganda kecuali mata pelajaran Korea. Masing-masing tes terdiri dari Matematika 30 menit, Bahasa Korea selama 80 menit, Sejarah Korea 20 menit, Bahasa Inggris 45 menit, bahasa asing kedua atau bahasa Tiongkok klasik 30 menit, serta mata pelajaran pilihan selama 20 menit. 

Tingkat stress yang tinggi

Dianggap sebagai penentu masa depan, tes ini kerap menimbulkan stress di kalangan para pesertanya. Dilansir dari situs berita The Korea Herald, pada tahun 2010 menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Korea Youth Counseling, terdapat 48% dari siswa telah mempertimbangkan untuk bunuh diri karena stress akibat tes ini.

Itulah fakta mengenai Suneung, ujian seleksi masuk kuliah di Korea Selatan yang dapat menjadi cerminan bagi kita betapa ketatnya persaingan memasuki universitas di Korea Selatan. Di samping sulitnya proses siswa di sana untuk dapat menempuh pendidikan di universitas, hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi Cationers agar tetap giat dan semangat belajar untuk meraih impian yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *