April 23, 2024
istockphoto.com

Ketika kita melanjutkan pendidikan, bekerja, ataupun hendak menetap di luar negeri, tentunya kita akan mencari tahu komunitas-komunitas yang berkaitan dengan negara asal kita. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita untuk beradaptasi dan membangun relasi antara sesama warga negara asal. Berikut adalah komunitas-kominutas Indonesia yang ada di Korea Selatan.

1. Perpika (Persatuan Pelajar Indonesia di Korea)

PERPIKA didirikan tahun 2002 dan merupakan bagian dari OISAA (Overseas Indonesian Students Association Alliance) atau dikenal dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di seluruh Dunia (PPI Dunia). Tujuan berdirinya PERPIKA adalah menyatukan seluruh pelajar Indonesia di Korea Selatan untuk dapat berorganisai, berkumpul, dan bersenda gurau.

2. Forum APIK (Asosiasi Peneliti Indonesia di Korea)

forumapik.org

Forum APIK resmi didirikan pada tahun 2019 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Korea Selatan. Visi APIK, yaitu menjadi wadah bagi peneliti-peneliti Indonesia di Korea ataupun lulusan Korea untuk dapat mendorong percepatan kemajuan riset di Indonesia melalui inovasi dan kolaborasi.

3. FORKOMASI (Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Indonesia)

posspika.kemdikbud.go.id

FORKOMASI berdiri pada tahun 2020 dan merupakan organisasi-organisasi massa (Ormas) warga Indonesia di Korea Selatan. FORKOMASI didirikan secara sukarela oleh warga Indonesia di Korea Selatan dengan berdasarkan kesamaan aspirasi, kebutuhan, kehendak, kepentingan dari seluruh anggotanya.

4. KMI di Korea (Komunias Muslim Indonesia)

posspika.kemdikbud.go.id

KMI dikelola oleh warga negara Indonesia di Korea Selatan yang beragama Islam. KMI berganggotakan 23 organisasi mushola, diantaranya yaitu IKMI Seoul, Sirothol Mustaqim Ansan, Al-Amin Daegu, Permata Daegu, Pumita Busan, KMC Changwon, IKMIK Gwangju, Al-Hidayah Gimhae, Al-Barokah Gimhae, Imnida Daejon, Imocom Mokpo, Baburahhman Ulsan, dan lainnya.  

5. PCI NU Korea Selatan (Pengurus Cabang Istimewa Nadhatul Ulama)

PCI NU di Korea Selatan beranggotakan para dosen, pelajar dan mahasiswa, buruh migran Indonesia, dan ibu rumah tangga. Tujuan didirikannya PCI NU adalah untuk mengembangkan Islam ahlu sunna wal jamaah.

6. PCIM Korea Selatan (Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah)

korsel.muhammadiyah.or.id

PCIM Korea Selatah resmi didirikan pada tahun 2016 dan merupakan PCIM yang ke-18 Dunia. Tujuan berdirinya PCIM adalah sebagai sarana silaturahmi, komunikasi, dan media dari warga atau simpatisan Muhammadiyah yang berada di Korea Selatan.

7. IMUSKA (Indonesia Muslim Students Society in Korea)

imuska.org

IMUSKA sudah berdiri sejak tahun 2008 atas inisiatif mahasiswa-mahasiswa muslim di Korea Selatan. Adapun tujuan berdirinya IMUSKA adalah menjadi wadah untuk dapat menebar kebaikan dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah sesama mahasiswa muslim di Korea Selatan.

8. Rumisa Korea Selatan (Rumah Muslimah Indonesia)

posspika.kemdikbud.go.id

Rumah Muslimah Indonesia di Korea Selatan sudah berdiri sejak tahun 2014. Anggotanya adalah para muslimah Indonesia di Korea Selatan. Tujuan didirikanya adalah sebagai sarana silaturahmi, berbagi ilmu, dan kebahagian.

Jika kamu berkesempatan untuk menetap ataupun sekadar berliburan ke Korea Selatan, komunitas-komunitas di atas tentu bisa mempermudah kamu untuk beradaptasi dan tentunya kamu akan banyak terbantu dengan kehadiran komunitas-komunitas tersebut.

Mau dapat pengalaman langsung ke Korea Selatan? Yuk follow IG Exploration! Banyak info dan kejutan menarik bagi Cationers yang mau ke Korea Selatan lho!

Follow for more info on Instagram:

@hellocation.id

@hellocationkorea

@exploration.hc

Sumber:

Posspika.kemdikbud.go.id

Imuska.org

Korsel.muhammadiyah.or.id

Forumapik.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *