Maret 2, 2024

Setiap negara pasti memiliki etiketnya masing-masing, begitupun dengan Korea Selatan. Sebelum ke Korea, kamu harus tahu apa saja hal-hal yang dianggap sopan dan tidak di sana. Yuk intip beberapa etiket di Korea Selatan berikut ini!

Membungkukkan badan kepada orang yang dihormati

Tradisi membungkukkan badan kepada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati memang kental di area Asia Timur. Membungkukkan badan ini menunjukkan rasa hormat dan semakin rendah kamu membungkukkan badan, menunjukkan semakin hormat kamu pada orang tersebut.

sumber: koreatimes.co.kr

Menggunakan dua tangan ketika bersalaman

Korea adalah negara yang menganut sistem hirarki berdasarkan umur. Ketika bersalaman dengan orang yang lebih tua atau orang yang dihormati, kamu harus menggunakan kedua tanganmu untuk menunjukkan rasa hormat terhadap orang tersebut. Hal ini juga berlaku ketika menerima atau memberi sesuatu kepada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati.

sumber: koreabyme.com

Jangan makan lebih dulu sebelum orang yang paling tua makan

Ketika sedang makan bersama, jangan sesekali memulai makan sebelum orang yang paling tua di sana makan. Ini bisa membuatmu terlihat tidak menghormati orang tersebut. Makanlah setelah orang yang paling tua di sana memakan makanannya.

Jangan menancapkan sumpit di mangkuk nasi

Jangan menancapkan sumpit di mangkuk nasi ketika makan. Karena di Korea, ini disimbolkan sebagai kematian atau kesialan. Pastikan untuk tetap meletakkan sumpit atau alat makan lain di samping mangkuk nasimu, ya!

Sumber: sakura.co

Jangan menunjuk dengan satu jari

Di Korea, menunjuk sesuatu harus dengan kelima jarimu alias dengan tangan terbuka. Menunjuk dengan satu jari terlihat tidak sopan apalagi jika ditujukan kepada orang yang lebih tua.

Nah itu dia 5 dari banyaknya etiket yang harus kamu tahu sebelum ke Korea Selatan. Jangan sampai dicap tidak sopan di negara orang, ya!

 

Referensi:

https://ling-app.com/ko/korean-manners/

https://overseas.mofa.go.kr/no-en/brd/m_21237/view.do?seq=111

2 thoughts on “5 Etiket yang Harus Kamu Tahu Sebelum ke Korea Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *