Maret 2, 2024

Image of multiethnic group of young cheerful students standing and waving outdoors. Looking at camera.

Siapa yang hobi nonton drama Korea nggak nih? Buat kamu yang hobi nonton drama Korea, pasti pernah kepikiran untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Korea Selatan. Nah, Korea Selatan sendiri juga terbuka menerima pelajar-pelajar dari luar negeri, termasuk Indonesia. Ada banyak cara untuk bisa melanjutkan kuliah di Korea Selatan nih, salah satu caranya adalah lewat jalur beasiswa. Buat kamu yang penasaran, yuk simak 4 jalur pendaftaran untuk kuliah di Korea Selatan!

  1. Beasiswa Kedutaan Besar Korea Selatan

Beasiswa dari Kedutaan besar Korea Selatan ini adalah berupa surat aplikasi dari masing-masing kandidat yang sudah diseleksi sebelumnya yang akan dikirimkan universitas yang dituju. Untuk bisa memperoleh surat aplikasi tersebut, para kandidat yang merupakan warga negara asing akan melewati seleksi khusus dari kedutaan besar Korea Selatan. Biasanya ada 3 pilihan universitas yang ditawarkan.

  1. Beasiswa KGSP

Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah salah satu beasiswa yang ditanggung dari awal perkuliahan sampai dengan akhir atau lulus kuliah. Selain biaya kuliah yang gratis, beasiswa KGSP ini juga menawarkan tunjangan hidup yang bisa dibilang cukup besar. Sesuai dengan namanya beasiswa KGSP ini merupakan beasiswa yang diprakarsai oleh pemerintah Korea Selatan untuk para pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikannya di Korea Selatan.

  1. Beasiswa Universitas di Korea Selatan

Tidak hanya dari pemerintah Korea Selatan, universitas-universitas di Korea Selatan juga banyak menawarkan program-program beasiswa untuk para pelajar internasional. Seperti beasiwa dari Ewha Womans Univeristy  dan beasiswa dari KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology). Untuk mendapatkan informasi beasiswa tersebut, kamu dapat mengakses langsung ke halaman website universitas-universitas tersebut.

  1. Program Relawan Internasional

Siapa nih yang sering mengikuti program relawan? Nah, pastinya setelah kamu mengikuti program relawan tersebut kamu akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat itulah yang akan menjadi poin penentu dalam tahapan pendaftaran beasiswa yang kamu ajukan. Tidak hanya sertifikat relawan internasional saja, apapun jenis sertifikat penghargaan yang kamu dapatkan akan menjadi bahan pertimbangan lolos beasiswa. Semakin banyak sertifikat penghargaan yang dilampirkan, maka semakin besar pula peluang lolos yang akan didapatkannya.

Gimana nih? Sudah tahu belum kamu mau lanjut kuliah di Korea Selatan melalui beasiswa apa? Yuk persiapkan diri dari sekarang! Siapa tahu kamu penerima beasiswa Korea selanjutnya.

Sumber: https://koreanfirst.net

1 thought on “4 Jalur Pendaftaran Beasiswa di Korea Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *