Maret 2, 2024
Gambar mahasiswa internasional di Korea Selatan

Sumber Gambar: Global Admissions

Kualitas pendidikan universitas-universitas di Korea Selatan telah mendapat tempat di ranah pendidikan kelas dunia. Jadi, tidak heran jika Negeri Ginseng tersebut menjadi salah satu negara tinggi peminat dalam melanjutkan studi. Apakah kamu salah satu dari mereka? Jika iya, ketahui syarat kuliah di Korea Selatan melalui artikel berikut ini.

Memiliki Passport

Syarat menjadi mahasiswa Korea Selatan adalah memiliki paspor
Sumber Gambar: Imigrasi Ambon

Syarat kuliah di Korea Selatan yang pertama adalah memiliki passport. Passport merupakan dokumen paling penting yang harus kamu siapkan sebelum berangkat ke luar negeri.

Jika belum mempunyai passport, kamu bisa membuatnya di kantor imigrasi kota tempat kamu tinggal.

Pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui M-Paspor atau secara offline dengan datang langsung ke kantor imigrasi terdekat.

Jika sudah punya passport, cek kembali masa aktifnya. Apabila kurang dari 6 bulan lagi, segera perpanjang. Kalau tidak, kamu tidak akan diizinkan pergi ke luar negeri.

Memiliki Visa Pelajar

Syarat menjadi mahasiswa Korea Selatan adalah memiliki visa pelajar yang sesuai kebutuhan
Sumber Gambar: SUN Education

Sebelum membuat visa pelajar, kamu harus mengetahui jenis-jenis terlebih dahulu. Tujuannya agar jenis visamu sesuai syarat kuliah di Korea Selatan.

Di sana, visa pelajar terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. visa D-Z-Z untuk calon mahasiswa program S1;
  2. visa D-2-3 untuk calon mahasiswa program S2;
  3. visa D-2-4 untuk calon mahasiswa program S3;
  4. visa D-Z-6 untuk calon mahasiswa program pertukaran pelajar; dan
  5. visa D-4 untuk program kelas bahasa selama 1 tahun.

Setelah mengetahui program dan jenis visa yang kamu ambil, langkah selanjutnya adalah mendaftar visa pelajar.

Prosesnya dapat memakan waktu 6 (hari) kerja atau lebih. Kemudian, dihitung sejak hari pertama menyerahkan dokumen.

Oleh karena itu, usahakan agar jarak antara jadwal keberangkatan dan pengajuan visa tidak berdekatan, ya.

Baca Juga: Kuliah di Korea dengan Global Korea Scholarship

Menguasai Bahasa Korea

Syarat menjadi mahasiswa Korea Selatan adalah menguasai bahasa Korea
Sumber Gambar: korea.net

Menguasai bahasa Korea memang bukan syarat kuliah di Korea Selatan yang wajib dimiliki. Namun, tidak semua universitas menyediakan kelas internasional dengan pengantar bahasa Inggris.

Oleh karena itu, lebih baik kamu mempersiapkan diri dengan mempelajari bahasa Korea sedini mungkin agar dapat memahami penjelasan dosen dan bisa lebih mudah berkomunikasi dengan warga lokal.

Mengikuti Ujian TOPIK

Syarat menjadi mahasiswa Korea Selatan adalah memiliki sertifikasi TOPIK (Test of Proficiency in Korean)
Sumber Gambar: Optima Education

TOPIK (Test of Proficiency in Korean) merupakan suatu tes untuk mengukur kemahiran berbahasa Korea non-native speaker atau penutur asing.

TOPIK terbagi menjadi dua tipe, yaitu TOPIK I (level 1-2) untuk tingkat pemula yang terdiri dari tes membaca dan mendengarkan. Kemudian,TOPIK II (level 3-4) untuk tingkat intermediate dan advanced, terdiri dari membaca, mendengarkan, dan menulis.

Sertifikat TOPIK dapat menjadi salah satu nilai tambah bagi kamu yang ingin menjadi mahasiswa di Korea Selatan dengan beasiswa.

Hal penting lainnya yang harus kamu ketahui, yaitu sertifikat TOPIK berlaku selama 2 tahun. Oleh karena itu, kamu harus mengikuti TOPIK lagi jika masa berlakunya sudah habis.

Menyiapkan Sertifikasi Kemahiran Berbahasa Inggris

Memiliki sertifikasi kemahiran berbahasa Inggris, seperti IELTS atau TOEFL
Sumber Gambar: englishexplorer

Selain sertifikasi kemahiran berbahasa Korea, usahakan untuk memiliki sertifikasi kemahiran berbahasa Inggris, seperti IELTS atau TOEFL.

Hal ini dapat menjadi bukti kemahiranmu dalam berbahasa Inggris dan poin tambahan jika kamu mau mengambil beasiswa.

Selain itu, beberapa universitas juga menjadikan sertifikasi kemahiran berbahasa Inggris sebagai syarat untuk mengetahui kemampuan bahasa asingmu.

Menyiapkan Recommendation Letter

Surat rekomendasi untuk kuliah di Korea Selatan
Sumber Gambar: Freepik

Recommendation letter merupakan salah satu dokumen paling penting jika kamu mau kuliah di Korea Selatan menggunakan beasiswa.

Melalui recommendation letter, pihak universitas dapat menilai kemampuan akademis maupun non-akademis selama kamu duduk di tingkat pendidikan sebelumnya.

Recommendation letter dapat kamu peroleh dari guru, dosen, kepala sekolah, ketua departemen program studi, atau atasan.

Mengikuti Mentorship Program Hellocation

Selain menyiapkan dokumen-dokumen di atas, kamu yang ingin kuliah di Korea Selatan dengan beasiswa, wajib menyiapkan diri untuk interview juga, lho!

Hellocation hadir untuk membantu kamu dari mulai persiapan berkas hingga interview melalui “Hellocation Mentorship Program Global Korea Scholarship”.

Melalui program tersebut, kamu akan dibimbing oleh para mentor berpengalaman. Kamu juga berkesempatan mendapatkan review study plan dan personal statement, serta proofread dokumen secara gratis.

Itulah syarat menjadi mahasiswa Korea Selatan. Tunggu apalagi, Cationers? Yuk, segera daftarkan dirimu. Info lebih lengkapnya bisa kamu cek melalui akun Instagram @hellocation.id atau bergabung di grup Telegram Hellocation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *