Maret 2, 2024

Bekerja di Korea

Hai Cationers! Kamu pasti tahu deh kalau saat ini, Korea masih sering menggemparkan dunia dengan industri hiburannya yang terkenal dan terus berkembang pesat. Bisa dilihat juga berbagai prestasi yang didapatkan hanya dari industri hiburannya saja. Dari sini Korea berhasil menjadi negara adidaya budaya yang potensial di kancah internasional, lho. 

Menariknya, prestasi Korea gak hanya di industri hiburan. Daehan Minguk juga berhasil menarik perhatian orang di seluruh dunia karena memiliki ekonomi yang kuat. Cationers tahu kan kalau brand-brand terkenal seperti Samsung, LG, Hyundai, LINE, itu semuanya dari Korea? Bidang lain pun gak mau kalah saing karena sedang gencar-gencarnya berkembang dan sukses memikat orang-orang mulai dari wisatawan, pelajar, hingga pekerja warga negara asing.

Pasti kamu pernah deh ada keinginan untuk berkunjung ke Korea. Kabar baiknya, kamu gak hanya bisa jalan-jalan saja lho di Korea, tapi juga bekerja dan menetap di sana! Nah berikut ini akan dibahas bagaimana caranya bekerja di Korea dan platform penting untuk kamu yang berniat bekerja di sana. Simak tipsnya ya!

Tips Bekerja di Korea Selatan

Tips memulai karir

1. Mencari tahu macam lowongan pekerjaan untuk WNA di Korea

Jika kamu memang sudah bertujuan bekerja di Korea, kamu harus rajin buka situs-situs pencari kerja. Kamu juga perlu menyiapkan segala dokumen yang diperlukan dengan teliti. Di Korea, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh Warga Negara Asing (WNA), lho. Misalnya guru bahasa Inggris, translator bahasa Korea, perawat hewan peliharaan, akuntan, pariwisata, marketing, teknik pembangunan, dan masih banyak lagi!

2. Menambah pengetahuan tentang Korea

Karena kamu akan bekerja di negeri orang, tentunya kamu diutamakan untuk mencari tahu serba-serbi tentang Korea mulai dari budaya kerja, etiket bisnis, dan apapun yang berkaitan dengan Korea. Kamu juga perlu belajar bahasanya nih supaya makin siap.

3. Mendaftar lowongan kerja sebelum berangkat ke Korea

Untuk kamu yang memang belum pernah ke Korea, ada baiknya mulai mencari dan mempersiapkan kerja sejak sebelum berangkat ke sana. Namun, kalau memang kamu belum siap berangkat, kamu bisa lho daftar di perusahaan-perusahaan Indonesia yang memiliki cabang di Korea! Nantinya akan ada kesempatan pekerjaan yang dibutuhkan langsung oleh cabang Korea.

Website Penting Untuk Mencari Kerja di Korea Selatan

Website Penting untuk Mendaftar Kerja di Korea

Nah, setelah kamu tahu tips penting untuk mulai bekerja di Korea, kamu juga perlu mulai membuka situs-situs penting untuk mencari lowongan pekerjaan. Ada banyak cara untuk mencari kerja, misalnya dengan mengikuti job fair. Selain itu juga ada beberapa website khusus yang membantumu mendapat pekerjaan di Korea, misalnya:

1. Craiglist Korea

Di website ini, beberapa lowongan pekerjaan di-posting dalam bahasa Inggris yang memudahkan kamu sebagai WNA untuk mulai mencari-cari informasi pekerjaan.

2. Saramin

Saramin adalah website berbahasa Korea, tetapi ada banyak pekerjaan dari berbagai bidang yang di-posting untuk WNA dan mencari pekerja dari penutur bahasa asing.

3. Job Korea

Sama seperti sebelumnya, Job Korea juga menyediakan berbagai informasi lowongan yang cocok untuk kamu mengeksplorasi berbagai jenis pekerjaan.

4. PeopleNJob

Bisa dibilang website ini adalah portal pekerjaan terbaik untuk WNA mencari kerja di Korea. Ada berbagai pekerjaan dalam bahasa Inggris yang bisa di-apply oleh orang asing.

5. Linkedin

Tidak hanya situs-situs dari Korea, kamu juga bisa mulai dari platform yang familiar denganmu. Linkedin adalah tempat utama untuk sebagian besar orang untuk menemukan pekerjaan. Ada banyak perusahaan lokal maupun asing yang mencari pekerja untuk cabang Korea mereka, lho.

Itu lah tips-tips dalam mendapat pekerjaan di Korea dan berbagai website penting yang harus kamu simak untuk memulai karir di Korea. Jika kamu memang berniat bekerja di Korea, jangan lupa mempersiapkan mental dan fisik serta memperdalam skill di bidang yang kamu minati ya! Supaya kamu tidak kalah saing dengan kandidat lainnya nih. Simak terus blog  HelloCation untuk tahu informasi menarik tentang pekerjaan dan beasiswa ke Korea lainnya ya Cationers!

 

Sumber:

https://glints.com/id/lowongan/tips-kerja-di-korea/#.Y754rXZBy03

https://joyofkorean.com/jobs-in-south-korea/

https://www.90daykorean.com/work-in-korea-for-foreigners/

https://www.internations.org/south-korea-expats/guide/working

 

2 thoughts on “Kamu Ingin Bekerja di Korea? Ini Tips Untuk Memulai Karir Sebagai WNA di Korea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *