Maret 2, 2024

Bagi sebagian besar orang di dunia ini pasti sepakat bahwa Korea Selatan adalah salah satu negara dengan industri hiburan yang sangat populer. Popularitas yang mereka dapatkan juga sebanding dengan kualitas yang diberikan. Dengan kualitas tersebut, Korea Selatan layak menjadi negara tujuan studi khususnya bagi kalian para pecinta seni. Nah Cationers sebagai informasi, ada salah satu kampus seni unggulan di Korea Selatan yang membuka kesempatan beasiswa korea bagi mahasiswa internasional nih yaitu beasiswa AMA+ atau kepanjangannya Art Major Asian Plus. Yuk, cari tahu lebih lanjut soal beasiswa ini!

Tentang Beasiswa AMA+

beasiswa korea
Sumber: Campuspedia

Art Major Asian Plus (AMA+) Scholarship adalah program beasiswa S1 dan S2 dari Ministry of Culture, Sports and Tourism, Korea Selatan yang diberikan kepada mahasiswa internasional untuk menempuh studi di Korea National University of Arts. Program beasiswa ini diharapkan dapat membantu para seniman muda terutama di negara-negara berkembang dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya serta menyebarluaskan kesenian Asia secara global. Sejak tahun 2005, beasiswa ini juga telah membantu sebanyak 325 orang mahasiswa dari 32 negara yang berbeda.

Korea National University of Arts sendiri merupakan salah satu kampus seni terbaik di Korea Selatan dan menempati peringkat 42 QS WUR Ranking by Subject untuk bidang performing arts. Universitas tersebut didirikan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea sebagai satu-satunya universitas seni nasional dengan tujuan untuk menjadi lembaga terkemuka yang mengembangkan para seniman pada tahun 1993. Kampus yang dikenal dengan sebutan K-Arts ini memiliki 6 sekolah, 1 fakultas, dan 27 departemen dengan rincian sekolah dan fakultas sebagai berikut:

  1. School of Music
  2. School of Drama
  3. School of Film, TV, and Multimedia
  4. School of Dance
  5. School of Visual Arts
  6. School of Korean Traditional Arts
  7. Faculty of Arts and Liberal Studies

Cakupan Tunjangan Beasiswa

Beasiswa satu ini juga menjadi salah satu beasiswa favorit karena cakupan beasiswanya yang full coverage. Dimana rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Tiket pesawat PP, penerima beasiswa akan menerima tiket pesawat kelas ekonomi  dengan tujuan dari negara asal hingga Korea, untuk keberangkatan awal dan kelulusan
  • Tunjangan bulanan, penerima beasiswa juga akan mendapatkan uang bulanan sebesar 800 KRW/bulan
  • Pelatihan bahasa Korea selama 4 bulan, Selain uang bulanan, juga akan mendapatkan pelatihan bahasa intensif selama 4 bulan sebelum masuk dalam perkuliahan
  • Biaya kuliah, pastinya beasiswa ini juga mengcover biaya kuliah secara penuh hingga lulus (hanya semester regular)
  • Biaya Pindahan, 200,000 won akan diberikan saat kedatangan pertama kali di Korea
  • Asuransi Kesehatan, tunjangan ini juga penting jadi penerima beasiswa juga akan mendapatkan Asuransi Kesehatan Nasional Korea (kontribusi bagi mahasiswa internasional)

Persyaratan Beasiswa

Ini dia beberapa persyaratan beasiswa AMA+:

  • Merupakan warga negara dari 143 negara yang ditentukan untuk mendapatkan beasiswa AMA+ Scholarship (Eligible Countries 2021 OECD DAC List of Recipients).
  • Persyaratan Akademik: Pendaftar diharuskan menyelesaikan pendidikan yang ditentukan terlebih dahulu sebelum masuk KARTS.
  • Persyaratan Bahasa: Pendaftar harus memenuhi tingkat pemahaman Bahasa Korea dan memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korea) yang telah ditentukan yaitu 6. Pendaftar yang lulus tanpa TOPIK akan mengikuti tes Bahasa Korea yang diselenggarakan K-Arts, tapi hasilnya hanya dijadikan berkas pelengkap. 
  • Artistic Talent: Pendaftar harus memenuhi keterampilan dan bakat melalui penyerahan portofolio yang diminta pihak jurusan, kecuali jika terdapat keterangan “Portfolio not required”.
  • Entry to Korea: Pendaftar yang dinyatakan lolos akan dijadwalkan tiba di Korea pada akhir Oktober, dan wajib mengikuti pelatihan Bahasa Korea sebelum memasuki perkuliahan (kecuali sudah mendapatkan level TOPIK yang ditentukan).

Dokumen Pendaftaran

Untuk dokumen pendaftarannya terbilang cukup umum dan hampir sama dengan beasiswa lainnya, dengan rincian dibawah ini:

  1. Formulir pendaftaran (Application form)
  2. Personal statement
  3. Study plan
  4. Hasil tes Kesehatan (Personal Medical Assessment)
  5. 3 surat rekomendasi (Letter of recommendation)
  6. Letter of consent
  7. Ijazah atau Surat Keterangan Akan Lulus (Official Diploma Certificate)
  8. Transkrip nilai
  9. Fotokopi paspor (Jika tidak ada paspor bisa menggunakan ID Card atau KTP)
  10. Sertifikat tes TOPIK/setara (TOPIK untuk Korea dan TOEFL, IELTS, TEPS untuk Bahasa Inggris )
  11. Portofolio
  12. Sertifikat penghargaan (opsional)

Cara dan Timeline Pendaftaran

Umumnya beasiswa AMA+ setiap tahunnya dibuka pada bulan Mei hingga Juni. Pendaftarannya juga dibuka melalui online dan bisa diakses pada laman AMA+ Admissions. Dan bagi kalian yang lolos nanti, wajib hukumnya untuk mengirimkan file berkas ke alamat berikut:

Kode Pos : 136-716,  Republic of Korea (Receiver : AMA Manager)

M505, Office of External Affairs 146-37, 32 gil, Hwarang-ro, Seongbuk-gu,

Seoul, 02789, Republic of Korea

Beasiswa Korea AMA+ adalah salah satu kesempatan yang sangat layak dicoba bagi kamu yang ingin belajar seni di Korea Selatan. Jangan lupa update informasi selanjutnya tentang beasiswa ini langsung dari laman website K-Arts ya!

Untuk informasi beasiswa korea lainnya jangan lupa baca artikel di website HelloCation dan follow Instagram di bawah ini!

@hellocationkorea

@hellocation.id

@exploration.hc

1 thought on “AMA+ Beasiswa Seni Terkenal di Korea Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *