Juli 4, 2024
Fakta Unik Pendidikan Korea Selatan yang Perlu Diketahui

Sumber: Medkom.id

Sumber: Medkom.id

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang diminati oleh semua orang terutama kaum generasi muda. Melalui budaya K-Pop dan K-Drama, Korea Selatan berhasil meraih popularitasnya di mata dunia. Tidak hanya itu, bahkan makanan, produk kecantikan hingga gaya fashion menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda dalam mengagumi Korea Selatan. Makanya tak heran banyak generasi muda yang ingin sekali menetap, bahkan menempuh pendidikan di Korea Selatan. 

Ketika kita menonton K-Drama tentang persekolahan, terlihat menarik bukan lingkungan sekolah di Korea Selatan? Hal tersebut akhirnya membuat kita merasa termotivasi untuk bisa bersekolah di Korea Selatan. Eits, tapi tahukah kalian gimana sih sistem pendidikan di Korea Selatan yang sesungguhnya? Inilah fakta unik pendidikan di Korea Selatan yang perlu kalian ketahui!

1. Sekolah di Korea Selatan Menerapkan Agar Siswanya Memakai Sandal

Indonesia mewajibkan siswanya untuk menggunakan sepatu ketika bersekolah, namun hal tersebut berbeda dengan Korea Selatan yang menerapkan agar siswanya memakai sandal atau slipper ketika berada di lingkungan sekolah. Siswa di Korea Selatan dilarang menggunakan sepatu di dalam kelas. Pihak sekolah biasanya akan memberikan loker atau rak tempat menyimpan sepatu untuk siswanya. Hal tersebut dilakukan agar siswa merasa nyaman di sekolah layaknya rumah bagi mereka.

2. Waktu Belajar di Korea Selatan Lebih Dari 14 Jam

Banyak siswa di Indonesia yang mengeluh karena waktu belajar di sekolah sangatlah lama dari pagi hingga sore. Namun, ternyata waktu belajar di Korea Selatan melebihi waktu belajar di Indonesia yaitu selama lebih dari 14 jam dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 10.00 malam. Hal ini dilakukan agar para siswa di Korea Selatan bisa mempersiapkan suneung atau ujian masuk universitas yang sangat ketat dengan lebih matang.  

3. Terdapat Sistem Hagwon

Hagwon merupakan semacam bimbel setelah sekolah untuk menunjang pembelajaran siswa di Korea Selatan. Hagwon menjadi hal yang wajib untuk diikuti karena biasanya siswa yang tidak mengikuti Hagwon maka akan dianggap aneh oleh teman-temannya. Oleh karena itu, setelah pulang sekolah siswa biasanya mengikuti Hagwon terlebih dahulu. Siswa SMP dan SMA biasanya mengikuti Hagwon pukul 17.00. Setelah itu, siswa mulai melanjutkan belajar hingga pukul 20.00 atau 22.00. Sebenarnya, sekolah tidak diizinkan untuk melakukan kelas setelah pukul 22.00. Namun, banyak sekolah yang tidak mematuhi aturan tersebut.

4. Siswa Pasti Memiliki Nama Inggris

Tahukah kalian bahwa di Korea Selatan setiap siswanya diharuskan memiliki nama dalam bahasa Inggris. Biasanya nama dalam bahasa Inggris dibuat oleh orang tua siswa. Hal tersebut dilakukan agar orang asing yang memanggil nama mereka bisa lebih mudah dalam penyebutannya, karena pelafalan nama Korea lebih sulit untuk diucapkan. 

Nah, seperti itulah fakta unik pendidikan di Korea Selatan, menarik sekali sistem pendidikan di Korea Selatan. Wajar sekali Korea Selatan berhasil mendapatkan peringkat terbaik dalam bidang pendidikan karena sistem pendidikan yang begitu ketat. Apakah ada yang tertarik untuk mencoba pendidikan di Korea Selatan? 

Baca juga: https://blog.hellocation.id/kampus-tempat-studi-para-idol/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *